Pendidikan Lingkungan Hidup

Diklat Pendidikan Lingkungan Hidup Bagi Guru TK, SD, SMP, SMA, dan SMK Kota Bandung. (Kerjasama PPLHMB-LPPM UPI dengan Pemkot Bandung)

Krisis lingkungan yang terjadi sejak tiga dekade terakhir merupakan refleksi dari permasalahan sosial dan lingkungan yang saling  berkaitan. Untuk itu diperlukan pemecahan permasalahan baik secara teknis maupun mental tentang kesadaran akan pengelolaan lingkungan serta norma dan etika lingkungan bagi masyarakat. Sekolah memiliki peranan penting dalam upaya pembentukan sikap dan perilaku generasi muda, khususnya yang berwawasan lingkungan sejak dini. Profesionalisme guru, khususnya guru PLH di sekolah merupakan salah satu indikator dalam pencapaian keberhasilan belajar siswa yang berwawasan lingkungan. Berdasarkan pemikiran tersebut, maka PPLHMB-LPPM UPI bekerjasama dengan Pemkot Bandung menyelenggarakan kegiatan “Diklat Pendidikan Lingkungan Hidup Bagi Guru TK, SD, SMP, SMA, dan SMK  Kota Bandung” yang dilaksanakan selama 10 hari , mulai dari tanggal 9 s.d 18 Desember 2010 di Gedung LPPM UPI untuk materi teori PLH, dan kegiatan praktek di Kota Sukabumi khususnya pada sekolah-sekolah SBL (Sekolah Berbudaya Lingkungan).

Kegiatan ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme guru PLJH di berbagai jenjang pendidikan persekolahan dalam  memahami dan membelajarkan masalah lingkungan hidup kepada siswa sehingga dapat meningkatkan kesadaran dan kepeduliannya terhadap lingkungan. Pelatihan ini dirancang untuk 100 jam pelatihan (@ 45 menit) dengan rasio teori : praktik adalah 60 : 40.

Nara sumber pada kegiatan pelatihan ini  adalah para pakar pendidikan lingkungan hidup dan praktisi yang berasal dari Universitas Pendidikan Indonesia.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: